Saturday, May 16, 2009

ASIKNYA MENDESAIN COVER BUKU


Suatu ketika saya mengunjungi teman-teman di salah satu perusahaan penerbitan buku yang tiap hari kerjaannya bergelut dengan dunia desain, khususnya desain cover buku.Yah, meskipun mereka masih dibilang anak baru kemaren tetapi sudah mampu menciptakan sebuah karya seni intelektual.


Dunia penerbitan memang sangat kompleks, tahap demi tahap harus dilalui untuk menciptakan sebuah karya, mulai dari hunting naskah sampai menjadi sebuah buku yang layak dikonsumsi bagi penikmat buku.


Menurut mereka, mendesain sebuah cover buku lebih sulit jika dibandingkan dengan mendesain sebuah materi publikasi semisal, poster, spanduk, leaflet, banner dll. (meskipun hanya font dan ilustrasi) Kenapa lebih sulit? Karena tema desain harus sesuai dengan isi buku, hal ini terkadang membuat desainer tidak bisa meng-eksplore kemampuannya untuk berimajinasi bebas. Mereka seringkali merasa dibatasi oleh tema buku, sehingga semakin sempit ruang untuk menuangkan kreativitasnya.


Mendesain cover buku harus tahu isi buku secara keseluruhan supaya tidak terjadi salah komunikasi secara visual dengan penikmat buku, nantinya. Tidak lain tujuannya adalah menjembatani komunikasi dari isi buku secara keseluruhan kedalam bahasa visual supaya calon penikmat buku dapat menerka-nerka isi buku. Seringkali untuk mendesain cover buku dibutuhkan waktu yang agak lama, meskipun bisa juga dibuat dengan cepat.



Lalu bagaimana dengan mendapatkan sebuah ide, gagasan maupun imajinasi untuk menuangkan kedalam bahasa visual. Banyak dari teman-teman desain yang hunting di internet, melihat desain-desain dari cover buku milik penerbit buku terkenal dunia, lalu dikombinasi dengan kreativitasnya sendiri. Atau juga bisa mengeksplore imajinasi mereka sendiri dengan membaca buku tentang desain atau duduk diatas toilet. Dan masih banyak cara untuk mendapatan sebuah ide yang kreatif J


No comments: