Sunday, May 17, 2009

Berkenalan dengan Citizen Journalism

Mungkin diantara kita masih asing dengan istilah citizen journalism. Apakah kita pernah berpikir, mengapa suatu berita yang ditanyangkan/disampaikan, baik di media cetak ataupun elektronik begitu cepat tersiar kepada kita? Bagaimana mungkin seorang wartawan bisa langsung berada ditempat kejadian, bersamaan dengan peristiwa itu terjadi? Rasa-rasanya jarang kalau kita memikirkan hal semacam itu, lebih baik menjadi penikmat berita saja ? hehehe.


Tanpa disadari oleh banyak orang, suatu peristiwa/kejadian pasti ada saksi mata didekat tempat peristiwa itu terjadi. Hanya beberapa orang saja (disekitar kita) yang tanggap terhadap kejadian itu. Orang itu pasti akan menghubungi pihak terkait semisal; telepon/SMS yang dikirim estafet atar warga, pihak keamanan, pemadam kebakaran, radio, mengirim berita lewat email ke media terkait, atau posting ke blog pribadi, sehingga informasi dari kejadian bisa cepat tersiar. Akhirnya selang beberapa menit saja kita sudah dapat menikmati informasi yang aktual.


Kita sebagai warga biasa pun bisa menjadi wartawan melalui situs-situs blog pribadi atau situs-situs yang menyediakan ruang bagi masyarakat untuk mengirimkan; berita, informasi, foto, video atau podcasting hasil karya kita. Beberapa situs diantaranya; Wikimu.com, community.kompas.com atau kabarindonesia.com…ingin berkenalan atau mencoba menjadi jurnalis warga, silakan menggunjungi situs tersebut .


Pada akhirnya kita tidak akan tinggal diam dan pasif sebagai penikmat berita saja, lebih dari itu, kita juga bisa menjadi sumber/saksi mata dari suatu kejadian, dan juga sebagai ajang belajar. Selamat mencoba!

No comments: