Saturday, May 16, 2009

BUAT APA NGE-NET?







(kalau hanya buang-buang waktu yang tidak produktif)


Siapa sangka dunia maya kini berkembang sangat pesat, mulai dari pesawat telepon, televisi, communicator, PDA (personal digital assistant), GPS (global positioning system) dan internet. Teknologi informasi terus berkembang dan akan mengalami penyempurnaan secara terus-menerus, baik itu dukungan pada hardware maupun sofware. Siapa yang menyangka, komputer pertama yang berukuran raksasa, sekarang dapat kita lihat dan kita miliki hanya berukuran beberapa inchi saja. Terkadang kita sebagai orang awam tidak akan sampai memikirkan hal yang semula tidak mungkin menjadi mungkin, atau mungkin kita tidak pernah memikirkan hal itu sebelumnya. Kita mungkin hanya diam sebagai konsumer, penikmat dan merasa enjoy dengan kemudahan serta layanan teknologi yang serba canggih. Dulu kita juga tidak pernah memikirkan bahwa berkomunikasi dengan pesawat telepon dapat melihat wajah, bisa melihat wajah antara penerima dan penelepon, yang sekarang terkenal dengan teknologi 3G atau 3,5G... Kini teknologi itu sungguh-sungguh nyata dan masuk akal. Sebelumnya pasti tidak terpikirkan oleh kita bukan?


Seharusnya kita jangan sampai terjebak dalam bungkusan rapi jaringan internet, yang terkadang berpengaruh negatif bagi kehidupan sosial kita sendiri. Apalagi lagi karena ketergantungan kita terhadap dunia maya membuat perilaku kita menjadi gagap dengan dunia nyata. Alangkah bodohnya kita J kalau keadaan seperti itu sungguh-sungguh terjadi.


Menyikapi teknologi informasi dalam mendukung ilmu pengetahuan memang sangat penting, kita bisa memilah-milah sendiri mana yang lebih prioritas, mana yang baik buat kita, dan sebaiknya digunakan untuk apa. Para pengguna teknologi informasi di Indonesia memang belum banyak yang menyadari pentingnya penggunaan dari teknologi tersebut. Kebayakan dari kita menggunakan internet hanya untuk; berkirim dan menerima e-mail; browsing di hutan maya tanpa tujuan yang akhirnya bisa gila karena terjebak/ tersesat; chatting yang sekedar iseng, ngerjain orang lain, buang-buang waktu untuk urusan yang tidak produktif; atau untuk searching, mencari informasi, berita, bahan presentasi, iseng dsb. Lalu, sebaiknya digunakan untuk apa internet itu? Banyak diantara kita yang sudah memiliki weblog pribadi atau website. Media blog seperti; blogspot, wordpress, multiply, xanga, blog friendster, flickr dll, yang biasa kita gunakan untuk sharing/blogging, media ini salah satu bentuk dari penggunakan internet yang seharusnya. (Bagi yang belum memiliki weblog/blog silakan melakukan registrasi ke alamat blog diatas). Kalau kita lebih berpikir maju dan mau berubah dalam penggunaan internet seperti untuk email, browsing,chatting dan searching, perlu kita tambahi lagi kegunaannya untuk: bisnis, menjual produk atau jasa; marketing,memasarkan produk atau jasa; sharing/blogging, berbagi pengalaman atau ilmu pengatahuan ke sesama blogger; dan branding, memopulerkan diri kita di dunia maya. Selanjutnya kembali kepada diri kita sendiri, mana yang akan kita pilih, yang pasti harus menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kita dan bagi orang lain. J

No comments: