Saturday, May 16, 2009

MEMBACA DAN MENULIS





Asik kita udah bisa membaca dan menulis. Saya teringat sewaktu masih duduk dibangku kelas satu Sekolah Dasar. Dimana saat itu, Guru kami mengajarkan bagimana cara mengeja kata. Namun, saya lupa, mana yang terlebih dahulu, membaca atau menulis? Namun tidaklah penting, yang pasti saat ini saya sudah bisa membaca dan menulis.


Membaca dan menulis memang kegiatan yang bertolak belakang. Tidak mungkin kita membaca sambil menulis, atau sebaliknya. Membaca dan menulis adalah suatu kebiasaan, yang jika kita pupuk terus-menerus akan menghasilkan sebuah pengetahuan, yang mungkin bisa berguna bagi siapa saja, atau bahkan akan menjadi cacian bagi siapa saja.


Kata seorang penulis,” Aku tidak pernah bisa menulis ketika aku sedang membaca, padahal aku ingin menulis sebuah tulisan. Namun aku binggung, aku tidak punya pengetahuan untuk berimajinasi.”


Lalu mana yang harus kita dahulukan, membaca atau menulis? Sandaianya kita melakukan aktivitas membaca, dan terus menerus membaca, kapan kita akan bisa menulis? Seandainya kita melakukan aktivitas menulis terus-menerus, kapan kita akan membaca? Yang pasti perlu adanya keseimbangan untuk melakukan kegiatan membaca dan menulis.


Bagi saya membaca ibaratnya sebuah makanan, dan menulis adalah sebuah hasil/energy yang telah kita makan. Mungkin idealnya adalah membaca terlebih dahulu baru selanjutnya kita melakukan aktivitas menulis. Dengan kata lain membaca adalah sebuah proses melakukan kegiatan yang menghasilkan pengetahuan, dan informasi sedangkan menulis adalah sebuah proses untuk menuangkan gagasan/ide dari aktivitas kita membaca. J

No comments: